aku adalah sebuah bangun ruang, titik sudut ku ada 6,rusukku ada sebanyak 9dan sisiku ada 5.aku adalah....​


aku adalah sebuah bangun ruang, titik sudut ku ada 6,rusukku ada sebanyak 9dan sisiku ada 5.aku adalah....​

Jawaban:

aku adalah sebuah bangun ruang, titik sudut ku ada 6,rusukku ada sebanyak 9dan sisiku ada 5.aku adalah prisma segitiga

Jawab:

Bangun ruang yang memiliki 5 sisi 9 rusuk dan 6 titik sudut adalah bangun ruang prisma segitiga. Bangun ruang terdiri dari prisma dan limas.  

Pada prisma segi n beraturan, memiliki

Banyak rusuk = (3n) buah

Banyak sisi = (n + 2) buah

Banyak titik sudut = (2n) buah

Pada limas segi n beraturan, memiliki

Banyak rusuk = (2n) buah

Banyak sisi = (n + 1) buah

Banyak titik sudut = (n + 1) buah

Pembahasan

Diketahui

Suatu bangun ruang memiliki

5 sisi  

9 rusuk

6 titik sudut

Ditanyakan

Bangun apakah ini = …. ?

Jawaban

Jika bangun ini merupakan prisma segi n beraturan, maka

Banyak rusuk = 9

3n = 9

n =  

n = 3

Banyak sisi = 5

n + 2 = 5

n = 5 – 2  

n = 3

Banyak titik sudut = 6

2n = 6

n =  

n = 3

Karena hasil n nya sama semua yaitu 3, maka bangun ini adalah bangun prisma segitiga  

Mengapa jawabannya bukan limas? kita coba cek:

Banyak rusuk = 9

2n = 9

n =  

n = 4,5  

bilangannya tidak bulat, otomatis untuk limas tidak memenuhi, karena tidak ada yang namanya limas segi 4,5 beraturan
#JadikanTercedas

Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak