apa pembukaan,isi,penutup dari pidato bungtomo​


apa pembukaan,isi,penutup dari pidato bungtomo​

Jawaban:

Pidato Bung Tomo merupakan salah satu pidato terkenal di Indonesia yang diucapkan pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya. Berikut adalah contoh pembukaan, isi, dan penutup yang dapat digunakan dalam pidato Bung Tomo:

Pembukaan:

"Saudara-saudaraku sekalian yang saya cintai, pada hari yang bersejarah ini, dengan penuh semangat revolusi, saya berdiri di hadapan kalian untuk menyampaikan pesan penting yang berkaitan dengan perjuangan kemerdekaan kita. Pada hari ini, kita bersama-sama merayakan semangat kebangkitan rakyat yang tak terbendung untuk memperoleh kemerdekaan yang kita cita-citakan."

Isi:

"Dalam perjuangan kita untuk mencapai kemerdekaan, kita harus teguh berdiri bersatu. Kita harus menolak segala bentuk penindasan dan eksploitasi. Ini adalah saatnya bagi kita untuk berani melawan segala bentuk ketidakadilan dan penjajahan. Kita harus mengorbankan segalanya demi cita-cita mulia ini, demi masa depan yang lebih baik bagi anak cucu kita."

"Kita harus terus berjuang dalam semangat kebersamaan dan persatuan. Mari kita bangun solidaritas yang kuat di antara kita, melampaui perbedaan etnis, agama, dan golongan politik. Kita harus saling mendukung, saling melindungi, dan saling menghormati dalam perjuangan ini. Bersama kita kuat, bersama kita tak terkalahkan."

Penutup:

"Saudara-saudaraku, pimpinan dan penggerak revolusi kemerdekaan yang saya cintai, mari kita lanjutkan perjuangan kita dengan semangat yang tak tergoyahkan. Berdirilah tegak dan yakinkanlah diri kita bahwa kemerdekaan adalah hak kita yang harus dipertahankan dengan sepenuh jiwa dan raga. Lewati segala rintangan dan tantangan dengan tekad yang kuat. Bersama-sama, kita akan mencapai kemerdekaan sejati untuk negara kita yang dicintai, Indonesia! Merdeka!"

Harap diingat bahwa ini hanya contoh pembukaan, isi, dan penutup pidato Bung Tomo yang dapat diubah atau disesuaikan sesuai dengan isi dan pesan yang ingin disampaikan oleh pembicara.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak